Rabu, 08 April 2015

Penyakit Anemia dan Cara Mengobati

Saya merupakan penderita penyakit anemia yang dulu gelanya sering dialami oleh saya ini, pola makan yang tidak teratur serta pola kegiatan dan istirahat saya yang kurang saya kontrol mengakibatkan saya menderita anemia. Penyakit ini sering disebut dengan penyakit kekurang sel darah merah. Jika hemoglobin yang terdapat pada tubuh kita pastinya kita akan mengalami anemia ini.


Penyakit kekurangan sel darah merah ini biasanya terjadi karena adanya zat yang ada pada tubuh kita berkurang sesuai dengan pasokan batas bawahnya, misalnya zat besinya kurang, vitamin b12 kurang, pendarahan pada usus, kekurangan asam folat dll. Hal ini bisa menimbulkan kita mengalami gejala anemia yang semakin lama jika dibiarkan akan berakibat buruk pada kesehatan kita.

Lewat blog omhery ini saya share ilmu yang saya baca dari sumber bacaan saya. Sel darah merah yang terdapat pada tubuh kita mengandung banyak hemoglobin, dan fungsi hemoglobin itu sendiri adalah untuk menyalurkan O2 atau oksigen dari dalam paru-paru kedalam tubuh kita. Jadi jika hemoglobin dalam tubuh kita berkurang, maka kita akan merasa lemah karena pasokan energi dalam tubuh kita berkurang.

Gejala penyakit anemia beragam. Untuk pengalaman saya adalah saya merasa pening dan lemas serta jika sehabis duduk atau jongkok mengalami kunang-kunang. Gejala penyakit kekurangan sel darah merah yang lain adalah penderita mengalami cepat lelah, dan pucat. Jika kita mengalami gejala-gejala tadi, maka secepatnya Anda memeriksakannya kepada dokter untuk mengecek kesehatan Anda, siapa tahu Anda juga menderita anemia yang saya alami ini.

Mengobati penyakit anemia
Setelah saya periksakan kesehatan saya ke dokter dan ternyata menderita anemia, maka saya dianjurkan untuk mengonsumsi obat penambah darah yang biasanya tersedia di apotik. Serta banyak-banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin b12 khususnya. Kata dokter penyakit anemia saya belum terlalu parah, Alhamdulillah. Coba kalau sudah parah kita dianjurkan menjalankan transpusi darah untuk mengobati penyakit kekurangan sel darah merah ini. Ihh... ngeri rasanya jika saya mengalami hal itu.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, sampai berjumpa lagi diartikelomhery yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar