Rabu, 08 April 2015

Ilmuwan Muslim Ibnu Sina

Nyantai di sekolahan ngapain yah? Akhirnya untuk mengisi waktu luang saya menyempatkan diri untuk datang keperpustakaan. Lumayan bisa tambah-tambah ilmu gan. Eh.... Nemu juga bahan bacaan yang lumayan buat menambah ilmu pengetahuan kita. Tak kusangka ada seorang ilmuwan muslim yang terkenal diseluruh dunia yang tidak saya ketahui. Wah perlu dibaca ini buku ensiklopedinya. Oke ! Kali ini akan saya share bacaan tersebut mengenai Ilmuwan Muslim.


Di blog omhery akan saya bahas mengenai Ilmuwan Muslim Ibnu Sina. Mungkin dari kalian ada yang sudah mengenal dan membaca mengenai ilmuwan tersebut. Ibu sina adalah seorang ilmuwan merupakan seorang filsuf, seorang astronom, seorang yang ahli dibidang pengobatan, dan seorang penyair. Nama lengkap beliau adalah Abu Ali Al-Husain bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina. Lahir di desa Afshanah negara Afghanistan pada tahun 980 M. Dan meninggal tahun 1037 M di daerah Hamdhan negara Iran.

Ibnu sina mempunyai gelar dengan julukan Asy Syaikh Ar Rais yang berarti Sarjana Pemimpin. Selama hidupnya beliau dikaruniai dengan kecerdasan yang luar biasa, mampu menghafal Al Quran, menguasai ilmu kedokteran dengan tanpa bimbingan guru, hanya membaca buku-buku kedokteran. Luar biasa ilmuwan yang satu ini. Dimasa itu Ibnu Sina dalam dunia pengobatan medis, mampu menyembuhkan penyakit raja Bukhara dan Nooh Ibnu Mansoor yang konon tidak dapat disembuhkan oleh banyak tabib. Dengan kedatangan beliau raja pun sembuh dari penyakitnya. Sejak itulah ketenaran seorang ibnu sina semakin meraja lela dan namanya pun menjadi sangat besar dibicarakan oleh banyak orang.

Beliau adalah ilmuwan yang pertama kalinya yang bisa menyembuhkan penyakit pada bagian mata (seperti retina, saraf mata, lensa mata, dan kornea mata). Ibnu Sina juga bisa mendeteksi penyakit kanker dan menganjurkan kepada pasien untuk mengobatinya secara dini sebelum kanker itu menyebar luas dan menjadi liar untuk dijinakan. Biasanya dalam mengobati penyakit kanker ibnu sina melakukan pembedahan pad bagian tubuh pasien yang terserang penyakit kanker.

Semasa hidupnya beliau juga menulis ensiklopedia tentang kedokteran yang berjudul Al Qanun. Buku ini ada 20 jilid dan sangat berguna besar bagi perkembangan ilmu kedokteran saat ini. Karena Al Qanun menjadi buku yang wajib dibaca oleh ahli kedokteran selama hampir 700 th semasa itu.

Selain dunia kedokteran, ibnu sina juga ahli dibidang geografi. Penemuannya adalah mampu menjelaskan asal sumber sungai yang berasal dari lembah dan gunung yang saling berhubungan, selain itu mampu menjelaskan asal usul bumi.

Pada tahun 1955 Ilmuwan Muslim Ibnu Sina dijuluki sebagai Medicorum Principal yang berarti Rajanya Para Dokter. Dan dijuluki juga sebagai Bapak Para dokter. Benar-benar hebat ini Ilmuwan yang satu ini. Selain kecerdasan yang dimilikinya, beliau juga taat dalam beribadah kepada Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca semua, jika ada kekeliruan atau kritik mohon dikoreksi dan beri komentar yang positif saja yah. Sampai bertemu di artikel Ilmuwan Muslim lainnya di blog omhery.

0 komentar:

Posting Komentar